Twitter Updates

Friday, January 26, 2007

Titik Awal Satupelangi.com

Hmm.. sudah sejak lama aku impikan mempunyai suatu wadah dimana lesbian Indonesia bisa mencari informasi mengenai dunia lesbian. Dari sejak SMP, aku selalu mencari informasi tentang komunitas lesbian, terutama di Indonesia. Tapi tidak pernah ketemu. Dan akhirnya waktu itu, sekitar bulan April 2006, ketemu juga dari situs forum voy. Waw.. so amazing.. Tapi sayangnya, situs itu tidak dimaintain dengan baik. Tulisan dan isinya amburadul..

Maka, timbullah niat dan gejolak dari diriku untuk membuat wadah informasi sendiri yang memberikan informasi positif dan membangun dengan design yang menarik dan mudah digunakan. Karena keinginan yang menggebu-gebu, akhirnya niat itu kusampaikan kepada pengurus Institut Pelangi Perempuan saat itu, Kamel. Kutunggu dan kutunggu.. belum ada kabar dari IPP. Pada akhirnya aku memutuskan untuk memulai tanpa menunggu..

Tepat pada tanggal 23 September 2006, aku mengirimkan email ke milist IPP yang meminta saran kira-kira nama apa yg bagus untuk situs ini. Kuberikan 3 pilihan; duniawanita.org, mediawanita.com, dan satupelangi.com. Aku mendapat beberapa respon positif untuk nama satupelangi.com, walaupun ada beberapa ide dari teman-teman seperti lafemme.com atau menggunakan nama institutpelangiperempuan. Aku sama sekali tidak keberatan untuk menggunakan nama IPP dan aku menunggu konfirmasi dari pihak pengurus IPP namun belum ada jawaban juga.

So, pada tanggal 7 Oktober 2006, aku membeli domain beserta hosting untuk satupelangi.com. Dari sana, mulailah pergulatanku dengan photoshop, html, css dan kawan-kawannya. hehehe.. Dan akhirnya, dapat juga respons dari IPP dan mulailah kami diskusi bareng tentang isi dan design websitenya. Dan untungnya dibantu oleh JC yang designnya patut diacungi jempol, sehingga design websitenya bisa lebih hidup. Dan acungan jempol satu lagi untuk Kamel dengan content-content nya yang berisi dan bagus.

Kemudian, mulai tgl 9 Desember 2006, Kamel memberitahukan tentang website kita di milistnya secara resmi. Namun, kami belum melakukan launching resmi terhadap website. So, setelah 2,5 bulan development, kami mulai melakukan live testing situs satupelangi.com. Sampai pada hari ini. Rencananya, launching resmi satupelangi.com akan dilakukan pada tanggal 28 Januari 2007.

Sampai saat ini, satupelangi.com sudah memiliki 60 member di forum, berbagai artikel dan berita, dan juga beberapa cerpen dan puisi kiriman teman-teman.

Semoga satupelangi.com dapat terus bertahan dan menunjukkan eksistensinya kepada dunia. Dan tetap menjadi ajang informasi yang padat, berisi dan positif bagi semua member dan calon membernya. Dan semoga satupelangi.com dapat menjadi media untuk menepiskan semua stigmatisasi negatif publik terhadap lesbianisme.

Maju terus satupelangi.com!

26.01.2007 ~ via, satupelangi.com

Pertanyaan, saran dan kritik silahkan dilayangkan ke webmaster@satupelangi.com

4 comments:

Unknown said...

Wah...kalo baca tulisan ini eike jadi gak enak hati sendiri nih, Ngerasa dicuekin ya? hehehe..

Tapi, mungkin bisa dijelaskan disini bahwa waktu itu ada miskomunikasi antara kita berdua. IPP memang tidak bisa merespon cepet waktu itu karena berpikiran waktu itu kamu hanya sekedar ingin menawarkan ide saja untuk membuat website IPP. Sedangkan waktu itu kami berpikir IPP tidak memiliki cukup dana untuk membayar domain dan hosting dll untuk website itu. Makanya kami berpikir panjang untuk merespon kamu waktu itu.

Eh, gak taunya tiba2 kamu bilang akan membuatkan design website dan biaya domain hosting nya dari biaya kamu sendiri, What a surprise! Tentunya Aku dan JC langsung menyambut baik.

Nah, baru deh kami respon. Kalau mungkin kamu bilang dari awal akan mendesign dan membiayai domain dan hosting nya kagak perlu nunggu2 lama kale hehehhe..

Eniwei, satupalengi.com sudah 1 tahun lebih. Congratulation sis! Website ini sudah banyak memberikan banyak hal buat teman-teman kita. It's really god job! Thx 2 u...

salam,
Kamel

Via said...

Dear Kamel,

Iya nich waktu itu cedih juga kayak dicuekin hikz.. Tapi gpp, yang penting sekarang kan kita sudah berhasil mewujudkan website yang bagus dan berisi. Dan salah pahamnya telah diluruskan.

A BIG applause for all of us. Dan semoga website ini akan terus menjadi semakin baik dengan bantuan temen2 semua.

Best Regards,
Via

Herdina K said...

waktu tulisan ini dibikin, member satupelangi.com baru 60. sekarang udah ratusan, malah sampai bikin admin kewalahan ngaturnya. hebat deh, terus semangat. makin hari situsnya makin matep isinya. seneng banget bisa jadi member IPP..

Via said...

Hi Nana,

Thanks udah mampir. Iya, semoga satupelangi.com bisa terus maju dan memberikan informasi yang berguna dan bermutu ya..

Sebagai informasi aja, sejak setahun lalu, satupelangi.com tidak terikat lagi dengan institusi manapun.. dan sekarang, kami sudah berdiri sendiri berkat dukungan semua member-member yang ada.

Terima kasih untuk semua dukungan teman-teman ke satupelangi.com!