Twitter Updates

Tuesday, August 21, 2007

I Learn..

Life is the only real counselor; wisdom unfiltered through personal experience does not become a part of the moral tissue. - Edith Wharton

"Kamu berubah"
"Berubah apanya", tanyaku.
"Kamu tidak sehangat dulu lagi.. entahlah.. berubah"

Itu dialog chat kami beberapa bulan lalu, antara aku dan seorang teman dekatku. Dia merupakan salah seorang teman yang kukenal pertama kali saat aku mengikuti acara lesbian di Jakarta Selatan.

*Zap* kata-kata itu membawaku ke setahun lalu, dimana aku masih seorang anak polos dan penuh keingintahuan tentang dunia lesbian. Aku yang merasakan seperti baru terlahir kembali, seperti anak kecil yang selalu bertanya kepada orang tuanya, "ma, ini apa?" atau "papa lagi ngapain? itu apa ciih?"

Kemudian perjalanan waktu lah yang akan membentuk anak itu seperti apa di usia dewasanya. Manusia belajar dari teori di buku, dan manusia pun belajar dari pengalamannya. Belajar dan bangkit dari traumanya. Dan semua pelajaran itu yang akan membentuk pribadi seseorang, menjadi lebih baik atau menjadi menyedihkan.

Si anak kecil pun belajar bahwa;
1. ada beberapa hal yang boleh diketahui dan ada beberapa hal pula yang sebaiknya tidak perlu diketahui.
2. Teman tidak selalu untuk selamanya.
3. Pasrah dan menerima keadaan akan membuat segalanya lebih mudah.
4. Perjuangkanlah hal yang patut diperjuangkan dan jangan memaksa untuk hal yang memang bukan milik kita.
5. Kesedihan hanyalah suatu fase di dalam hidup. Begitu pula kebahagiaan. Oleh karena itu, rasakanlah.. nikmatilah.. Karena engkau hidup.
6. ...

Pelajaran-pelajaran itulah yang telah merubahku menjadi aku sekarang. Selama 23 tahun hidupku sampai hari ini, aku terus belajar dan akan terus belajar sampai hembusan nafas terakhirku. Mungkin sampai saat itu tiba, catatan itu akan terus bertambah dari 5 ke 10 ke 20 dan seterusnya.

Jadi, apa yang telah Anda pelajari hari ini?

You must learn day by day, year by year, to broaden your horizon. The more things you love, the more you are interested in, the more you enjoy, the more you are indignant about, the more you have left when anything happens. - Ethel Barrymore

21.08.07 ~ via, just a little kid


No comments: